Jumat, 06 Juli 2012

Byar Pet, Jago Merah Mengamuk

BALIKPAPAN--Lagi-lagi diduga akibat hubungan arus pendek arus listruk. Sebuah kios bensin yang beralamat di kawasan Jalan Soekarno Hatta Kilometer 15 RT 30 ludes dilalap si jago merah, Jumat (6/7) dini hari sekira pukul 00.11 Wita. Tak hanya kios bensin, dua bangunan rumah, satu unit motor ikut ludes terbakar. Bahkan salah pemilik rumah mengalami luka bakar ringan lantaran terjebak kobaran api.
 
Berdasarkan data yang dikumpulkan Balikpapan pos dilokasi kejadian, api pertama kali terlihat dari rumah milik Hj Fatmah yang sehari-harinya digunakan sebagai kios bensin. Api begitu cepat membesar lantaran konstruksi bangunan sebagian terbuat dari kayu. Titin (32), salah satu saksi mata mengatakan, api muncul begitu cepat dan membakar 3 rumah.

Saat jago merah melahap bangunan, listrik dalam keadaan menyala. "Saya lihat api baru mati lampu, waktu kejadian listrik hidup," kata dia. Asal api yang dipastikan dari rumah milik Hj Fatmah, saat kejadian, empunya rumah tersebut tengah bertandang ke rumah kerabatnya di kawasan Ringroad. Rumah kayu itu tengah ditempati cucu dan anak korban, Artis dan istrinya Kapsah. "Ibu haji (Fatmah) ndak ada, cuma anak cucunya yang tinggal," jelas Djemari, Ketua RT 30.

Sempat ada dugaan jika api berasal dari bensin, namun sepertinya mentah. Artis, anak korban memastikan, jika asal api bukan berasal dari bensin. " Bensin sudah diselamatkan, kalau nggak cepat diangkut ke mobil mungkin meledak. Nggak ada dari bensin, begitu mati lampu langsung timbul api," terang Artis yang mengaku saat kejadian tengah tertidur. Sebelum api terlihat, Artis yang mengaku hanya bisa menyelamatkan surat penting itu melihat listrik padam kemudian api menyusul terlihat."Mati lampu langsung ada api," imbuh dia.

Sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (BPBK) kota Balikpapan diturunkan. Api sendiri berhasil dipadamkan selang setengah jam kemudian. Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono didampingi Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Putu Rideng SH menerangkan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara jika api berasal dari ruang tamu rumah milik Fatmah. Penyebab asal api sendiri masih dalam proses penyelidikan."Yang jelas keterangan sementara itu, masih kami selidiki sekaligus mengumpulkan keterangan, Api dari ruang tamu," kata kapolsek di TKP. 

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu namun salah satu pemilik rumah, Hamdan harus dilarikan ke rumah sakit lantaran tersambar kobaran api saat berusaha menyelamatkan diri. Sementara itu kerugian yang ditimbulkan mencapai ratusan juta rupiah."Ada satu unit motor milik korban terbakar," pungkas Putu Rideng.(BP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar